Headlines News :
.
Home » » Merajut Mimpi Mengukir Sejarah Desa Piyak Tanpa Banjir Dengan Dana Desa ( DD )

Merajut Mimpi Mengukir Sejarah Desa Piyak Tanpa Banjir Dengan Dana Desa ( DD )

Written By Unknown on 4/17/2018 | Selasa, April 17, 2018





Kepala Desa Piyak
Sejarah desa Piyak merupakan desa rawan bencana banjir sejak nenek moyang  sejak dulu lebih dari ratusan tahun, dapat dipastikan setiap tahun banjir hal ini tentu berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat Desa Piyak terstigma desa miskin. Akhir tahun 2007 dan awal 2008 tak pernah terlupakan bagi warga Desa Piyak Kecamatan Kanor atau bahkan warga di Kabupaten Bojonegoro terutama yang berada di tepi bantaran bengawan solo. Saat itu seakan tembang karya Gesang menjadi kenyataan yang tak terperkirakan “ air mengalir sampai jauh “ bahkan jauh sekali dan merupakan bencana banjir paling besar sepanjang sejarah. Hampir 99 % wilayah desa terendam air, banjir merendam seluruh rumah warga desa setinggi rata-rata 150 cm – 200 cm, memutus sarana transportasi jalan terendam, anak-anak tak bisa lagi sekolah, pelayanan masyarakat terganggu karena kantor desa tak luput dari banjir. Tanaman padi sawah berumur 60 hari seluas 42 Ha rusak gagal panen. Untunglah masih ada satu bangunan di desa yang terlindung dari genangan air yaitu gedung SDN Piyak, jadilah tempat pengungsian warga berikut hewan ternaknya, tak ada lagi warga yang bisa bekerja atau aktifitas lainnya terisolir  lumpuh total.

Proses Pembangunan Paravet
Banjir desa Piyak juga berdampak pada 3 (tiga) sekitar yakni desa Simbatan, Sedeng dan Palembon ratusan hektar padi sawah dan rumah terendam banjir, banjir juga merendam jalan poros kecamatan sehingga akses jalan terisolir hanya perahu yang dapat mengantar aktifitas warga. Kerugian setiap banjir diperkirakan milyaran rupiah. Pada tahun 2011 Pemerintah membangun tanggul besar tepian bengawan solo, namun itupun tak membebaskan desa Piyak dari banjir hal ini disebabkan adanya anak sungai bengawan solo yakni kali mekuris yang belum ada tanggul atau pintu airnya, ketika bengawan solo meluap melalui kali mekuris inilah banjir melanda.
Tahun 2015 pemerintah kabupaten Bojonegoro meluncurkan program normalisasi kali mekuris hal ini dimanfaatkan warga dan Pemerintah Desa Piyak untuk keluar dari sejarah desa rawan bajir. Melalui rembug desa disepakati untuk pembuatan tanggul kali mekuris, dengan sukarela warga pemilik tanah di tepian kali mekuris di dusun Anting-anting desa Piyak menyerahkan tanahnya untuk ditempati tanggul, sungguh luar biasa warga pemilik tanah tak menuntut ganti rugi. Namun hampir setiap tahun tanggul yang berasal dari tanah mengalami penurunan/ambles dan terkikis longsor dan rawan jebol. Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) tahun 2016 disepakati untuk mewujudkan mimpi desa Piyak tanpa banjir dengan membangun tanggul permanen dari beton atau paravet.


Paravet Kali Mekuris
Dengan adanya Dana Desa (DD) desa Piyak memprioritaskan pembangunan paravet kali mekuris secara bertahap, hampir 50 % Dana Desa di alokasikan untuk pembangunan paravet kali mekuris. Tanggul kali mekuris di dusun Anting-anting desa Piyak sepanjang 1.100 m. Tahun 2017 dibangun tanggul paravet sepanjang 130 m dan tahun 2018 direncanakan 200 m dengan tinggi tanggul 2, 5 m. Pada tahun 2018 ini mimpi warga desa Piyak benar-benar terwujud dan dapat mengukir sejarah Piyak tanpa banjir. Kepala Desa Piyak Moh. Abdul Azis, A.Md, Teknika ketika diwawancarai reporter kami mengatakan : Kami bersyukur dengan adanya Dana Desa ( DD )  dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Desa dapat mewujudkan cita-cita warga Piyak. Dan dengan terbebasnya Piyak dari banjir tentu dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian karena petani bisa panen tiga kali dalam satu tahun hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Selanjutnya Kepala Desa Piyak berkomitmen untuk meneruskan pembangunan Pembangunan Tanggul Paravet secara bertahap. (Ir, Kim Beno)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Popular Posts

Berita Hari Ini

Ngobrol Juga Oke

Cyber Extension

 
Support : Website | Beno Template | KIM Beno
powered by Blogger
Copyright © 2014. KIM Kecamatan Kanor - All Rights Reserved
Template Design by Website Published by KIM Beno